FEP NEW BINUSIAN 2020

FEP( Freshmen Enrichment Program)

General Orientation

Organizational Skill(UKM HMJ)

Academic Orientation

HTTP ( Himti Togetherness and Top Performance)

 

Hai, Namaku ABDURAHMAN, biasa dipanggil abdu. Anak kedua dari 2 bersaudara. Punya kaka cowo udah kerja. Rumahku dicondet. Aku alumni SMAN 51 jaktim. Lulus dengan nilai yang cukup pas pasan ya hehe..  Saat ini ambil jurusan Teknik Informatika(IT) di Universitas BINA NUSANTARA Kemanggisan.. Jadi alesan aku ambil IT itu karena dari SMA kelas 10 udah senang dengan yang berhubungan IT.

Jadilah masuk jurusan IT. Aku BINUSIAN 2020. Kenapa 2020? beda dari yang lain? betul banget kalian . Jadi di BINUS, angkatan kita itu diitungnya dari tahun seharusnya kita lulus. Jadi bisa menjadi motivasi juga buat kita agar lulus tepat waktu ..

Sudah ya perkenalannya J

Mos nya BINUS itu namanya FEP ( Freshment Enrichment Program ). Keren kan ya namanya FEP. Awal-awal aku gatau apaan tuh FEP. FEP itu ada 5 gelombang tambah 1 gelombang tambahan. Nama kelasnya itu sesuai gelombang yang kita ikuti. Gelombang pertama itu ABN, Gelombang kedua itu BBN, ketiga CBN dan seterusnya. Gelombang pertama itu biasanya anak-anak yang emang niat masuk BINUS.. Jadi gelombang awal-awal itu masih rame anaknya di satu kelas. Nah aku kemaren dapet gelombang kedua FEPnya. Aku masuk di kelas BBN03.

FEP itu dibagi jadi 3 bagian : General Orientation(GO), Inagurasi , dan Academic Orientation (AO). GO itu kayak mos biasanya yang ngenalin tentang kampus dan peraturan ketentuan yang ada di kampus. Bedanya, tidak seperti yang dibayangkan. Kirain kan MOS itu bakal dimarah-marahin sama seniornya, disuru bawa macem-macem, pake atribut yang susah-susah dibuatnya, tapi ternyata di BINUS itu TIDAK seperti itu 🙂 Di BINUS FEP nya itu bener-bener pure pengenalan Kampus dan sekitarnya. Oh iya dibinus ada yang namanya BC. . BC itu singkatan dari Buddy Coordinator. Kita para mahasiswa baru itu disebut atau dipanggilnya itu Buddy. Jadi BC itu kakak-kakak senior yang bakal membimbing kita dan mengajarkan kita tentang banyak hal .Kalau kemaren sih di kelas aku ada 7 BC. Ada Kak amel, Kak jodi, Kak adib, Kak josephin, Kak pamela, Kak andrew, Kak erico. Dan dikelasku dari 73 orang ceweknya hanya 5 orang maklum ya namanya juga it.

Sebelom GO dimulai itu ada briefing. Disitu dijelasin hal-hal apa yang perlu kita bawa dan pake saat GO nanti. Pakaian yang wajib dipake itu kemeja putih lengan pendek dan celana bahan hitam panjang serta sepatu hitam atau putih. Waktu briefing kita bebas kok pake baju apa asal rapi dan sopan aja. Saat Briefing, kita dikasi binder BINUS juga dibagiin plastik dan tali buat kartu Flazz BINUS kita. Ada perkenalan sama kakak BC nya dan teman seBBN03 nya.  Udah gitu ada games-games juga yang buat kita jadi makin kenal dan akrab sama teman-teman satu kelasnya.

Selama seminggu itu kita dikasi presentasi tentang BINUS. Mulai dari peraturan tentang hal yang dasar seperti bagaimana cara kita absen tapping di BINUS, gimana cara liat jadwal dan nilai di BINUSMAYA, bagaimana kalau ada GSLC, Bunga Rampai (tentang UKM dan HMJ yang ada di BINUS) sampai tentang BINUS WAY yang dibawakan langsung oleh Rektor BINUS. Seru-seru banget deh acara-acara yang ada di FEP BINUS. Di hari sabtu nya ada EXPO. EXPO itu acara dimana UKM , HMJ dan Komunitas yang ada di BINUS berlomba-lomba mencari Mahasiswa Baru(maba) untuk menjadi anggota mereka.

Nah pasti ada yang nanya nih UKM atau HMJ itu apa. Jadi UKM itu singkatan dari Unit Kegiatan Mahasiswa. HMJ itu Himpunan Mahasiswa Jurusan. UKM itu kalau di SMA itu biasa disebut Ekstrakulikuler atau Ekskul. Di BINUS ada banyak banget UKM contohnya futsal, KLIFONARA( Klub Fotografi Bina Nusantara), B-VOICE(Radio), BINUS TV, PARAMABIRA( Vocal Grup) , BNCC(Computer), CSC (Cyber), BNEC (English), BNMC (Mandarin), BSLC (Learning Center), ST MANIS (Seni Teather), dan masih banyak lagi. Kebetulan aku ikutnya futsal nih, karena dari kecil udah ikut club futsal jadi ingin lebih menguasai. Aku kan jurusannya IT jadi ikutnya HIMTI.

1473413238785

 

1473413249853

 

 

AO (academic orientation)

ini dia kegiatan terahir dalam fep, yaitu AO (AO adalah pengenalan pelajaran yang akan kita dapat saat kuliah). Berbeda 180 derajat saat kita sekolah SMA. Disini kita akan mendapat pelajaran berupa pengenalan bahasa c, yang dari awalnya tidak mengerti sama sekali jadi mengerti sedikit-sedikit yaa maklum lah namanya juga baru belajar. Disesi terahir ao ini ada dimana kita dites kemampuan kita yang sudah didapat dari pertama ao sampai selesai apakah kita mengerti atau tidak. Karna aku baru mengerti sedikit sedikit jadinya hanya bisa menjawab satu soal hahaha.

 

 

HTTP( (HIMTI Togetherness and Top Performance)
HTTP sendiri sudah dilaksanakan oleh HIMTI sejak tahun 2001. Jadi tahun ini sudah gelaran ke-16 untuk HTTP. Dan kemarin pada tanggal 10 September 2016 HTTP ke-16 di gelar. Acaranya… PECAH ABIS ! Acara HTTP itu kalau Saya bisa simpulkan seperti Gath & Welcoming Party Mahasiswa Teknik Informatika Binusian 2020 Kemanggisan dan Alam Sutra. Isi acaranya banyak performance dari anggota HIMTI. Yang paling seru adalah saat visualisasi. Kita bisa menjajal aplikasi buatan dari HIMTI di luar auditorium. Dan di akhir acara ada guest star yang membuat acara semakin seru dan pecah abis ! Berikut Saya berikan foto-foto di Acara HTTP 2016 :

 mm
HTTP 2016
2

visualisasi dari Anggota HIMTI

 

 ef
                Perkenalan dari Dosen SOCS Binus
 
Yak itulah akhir cerita singkat tentang fep di binus saya, selamat menikmati..

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *